Silsilah at Targhib wa at Tarhib

Bismillah
Silsilah at Targhib wa at Tarhib
By: Berik Said

Kelelahanmu Hidup di Dunia Insya Allah Akan segera Terbayarkan, Maka Bersabarlah...

TAHUKAH KAMU BAHWA SESAAT SETELAH ORANG BERIMAN WAFAT, MAKA RUHNYA LANGSUNG BERTEMU DENGAN RUH ORANG BERIMAN LAINNYA YANG TELAH DAHULU WAFAT, DAN MEREKA DALAM KEADAAN AMAT BERGEMBIRA, DAN AKAN BERTANYA TENTANG SAUDARA MEREKA YANG MASIH HIDUP DI DUNIA ?
By: Berik Said

Nabi shollalloohu ‘alayhi wa sallam bersabda telah bersabda tentang sesaat setelah keluarnya ruh manuia dari jasadnya lalu dibawa para malaikat menuju langit, lantas :
فيأتونَ بِهِ أرواحَ المؤمنينَ فلَهُم أشَدُّ فرحًا بِهِ مِن أحدِكُم بِغائبِهِ يقدمُ علَيهِ فيَسألونَهُ ماذا فَعلَ فلانٌ ماذا فعلَ فلانٌ ، فيقولونَ : دَعوهُ فإنَّهُ كانَ في غَمِّ الدُّنيا
“Arwah orang-orang yang beriman akan bertemu dengan arwah mukminin yang lain, maka mereka jauh lebih bergembira dibandingkan gembiranya kalian saat baru menjumpai orang yang sudah lama tidak bertemu. 

Lantas mereka saling bertanya-tanya (kepada orang yang baru saja wafat tadi -pent): “Apa yang di kerjakan oleh si fulan dan si fulan (yang masih hidup di dunia) ?”. 

(Namun) kemudian mereka berkata :‘Tinggalkanlah/Biarkanlah dia (sejenak dulu), karena ia baru saja selesai dari keletihan hidup dii dunia.. “. 
(HR. Nasa’i:1832 dll. Kata Syaikh Muqbil rohimahulloh dalam Shohihul Musnad [1331]:’Shohih’) 

Sementara dalam sebuah hadits mauquf yang bersumber dari Abu Ayyub al Anshori rodhialloohu ‘anhu ada penjelasan bahwa diantara pertanyaan yang ditanyakan arwah orang yang telah lama wafat kepada orang beriman yang baru saja wafat dan arwah mereka dipertemukan tadi adalah sebagai berikut :
ما فعل فلانٌ ؟ ما فعلت فلانةُ ؟ هل تزوَّجت ؟ فإذا سألوا عن الرَّجلِ قد مات قبله قال لهم : إنَّه قد هلك ، فيقولون : إنَّ للهِ وإنَّا إليه راجعون ، ذُهِب به إلى أمِّه الهاويةِ ، فبئست الأمُّ وبئست المُربِّيةُ
"Apa yang telah dilakukan oleh si fulan ? apa yang dilakukan oleh fulanah ? APAKAH IA SUDAH MENIKAH ?” 
Namun manakala mereka (ruh orang yang telah lama wafat tersebut) bertanya (kepada ruh orang yang baru saja wafat tadi) tentang seseorang yang (sebenarnya) telah meninggal sebelumnya (tetapi ruhnya ternyata tak bertemu dengan mereka -pent), ia (yang baru saja wafat tadi) menjawab : "ia meninggal sebelumku !" 
Mereka (ruh-ruh orang yang telah lama wafat yang bertanya tadi) berkata : " Inna lillahi wainna ilaihi roji'un, (ini berarti) IA (SI FULAN YANG DIKATAKAN SUDAH WAFAT NAMUN RUHNYA TAK BERTEMU DENGAN MEREKA) TELAH PERGI MENUJU NERAKA HAWIYAH, DAN HAWIYAH ADALAH SEJELEK-JELEK DAN SEBURUK-BURUKNYA ‘IBUNYA’ (TEMPAT KEMBALINYA)” 
(Kata al Albani rohimahulloh dalam as Shohihah [2758] :’Shohih Mauquf’’)

Kita semua memohon kepda Allah agar semua arwah kita kelak akan dipertemukan bersama sama dalam keridhoan-Nya, aamiin…

0 comments