Gagal Hijrah Karena Teman Lama

🔰 يوم الإثنين، ٢١ جمادى الثانية ١٤٤٣ ھ/ ٢٤ يناير ٢٠٢٢ م

⭕️  Senin, 24 Januari 2022

 بسم الله الرحمن الرحيم 

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته 

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

"Yaa Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizki yang halal dan amal yang diterima...


💐    Gagal Hijrah Karena Teman Lama

Saudariku, jadikan kisah Abu Thalib paman Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai pelajaran. Pada akhir hayat Abu Thalib, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajaknya untuk mengucapkan laa ilaaha illallah, tetapi Abu Thalib enggan untuk mengucapkannya karena pengaruh sahabatnya. Sehingga kalimat terakhir yang diucapkan menunjukan dia mengikuti agama Abdul Muthalib.

Saudariku, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda:

مِنْ حُسْنِ إِسْلاَمِ الْمَرْءِ تَرْكُهُ مَا لاَ يَعْنِيْهِ

“Di antara tanda kebagusan agama seseorang, ia meninggalkan hal yang tidak bermanfaat baginya” (HR. At Tirmidzi no. 2318, dishahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi).

Dari dua petuah di atas dapat kita mengambil faedah, sahabat yang buruk bukan hanya menimpakan keburukan pada dunia melainkan juga akhirat. Muslimah yang baik mampu meninggalkan hal yang tidak bermanfaat, selektif memilih teman dan aktivitas yang dilakukan. Seorang muslimah berteman karena Allah, berkeinginan untuk saling mendapatkan maslahat. Dalam pertemanan itu apa-apa yang diperbuat haruslah mendatangkan rida Allah yang berbuah pahala kelak untuknya.

Sehingga, teman yang buruk dan tidak mendatangkan manfaat harus dijauhi. Adapun tipe teman yang memiliki jiwa hanif, mudah menerima kebenaran, tidak menimpakan keburukan, jadikan mereka ladang dakwah bagi kita. Ajak mereka untuk turut merasakan manisnya iman, bahagianya belajar ilmu agama dan bersahabat dengan orang-orang saleh.
@muslimahorid


Barakallahu fiikum ____🍃🌹 


https://t.me/Berbagi_Kebaikan

0 comments