Apa rahasia agar institusi pendidikan maju dan diminati masyarakat ?
Renungan untuk pr pendidik sejati ๐พDalam sebuah forum seorang ustadz bertanya kepada KH. Abdullah Syukri Zarkasyi. Apa rahasia agar institusi pendidikan maju dan diminati masyarakat ?
Kyai Syukri tersenyum dan tertawa kecil mendengar pertanyaan itu. Kemudian beliau menjawab dg pepatah arab yang masyhur terkait dengan guru dan pembelajaran:
ุงูู ุงุฏุฉ ู ูู ุฉ ูููู ุงูุทุฑููุฉ ุงูู ู ู ุงูู ุงุฏุฉ
"Materi Pembelajaran adalah sesuatu yang penting, tetapi metode pembelajaran jauh lebih penting daripada materi pembelajaran"
Jadi, sebagus apa pun materi pembelajaran, namun jika metode pembelajarannya kurang baik, maka hasilnya kurang maksimal.
Lalu beliau melanjutkan dgn bait berikutnya....
ุงูุทุฑููุฉ ู ูู ุฉ ูููู ุงูู ุฏุฑุณ ุงูู ู ู ุงูุทุฑููุฉ
_"Metode pembelajaran adalah sesuatu yang penting,_ *tetapi guru jauh lebih penting daripada metode pembelajaran"*
Sehingga, sebagus apa pun metode pembelajaran, tetapi jika guru yang bersangkutan tidak mampu mengajar dengan metode tersebut, maka hasilnya pun sama, tidak akan maksimal.
Kemudian beliau menyampaikan ungkapan yang sangat inspiratif, yaitu:
ุงูู ุฏุฑุณ ู ูู ูููู ุฑูุญ ุงูู ุฏุฑุณ ุงูู ู ู ุงูู ุฏุฑุณ
_"Guru adalah sesuatu yang penting, tetapi_ *jiwa guru* _jauh lebih penting dari seorang guru itu sendiri."_
Ungkapan yang sangat luar biasa!
*Jiwa Guru* jauh lebih penting! Ya, kekuatan batin, _lebih didahulukan daripada kekuatan dzohir._
Kyai Syukri menjelaskan bahwa *cara membangun jiwa adalah dengan meningkatkan kedekatan kita kepada Alloh (ุงููุชููููุฑูุจู ุฅูู ุงููููฐู )*. _Dengan melakukan amalan-amalan wajib, ditambah dan disempurnakan dengan amalan-amalan sunnah._
_Bayangkan jika kita..._
๐ฟ *_mengajar dgn 'jiwa'_*
๐ฟ *_Niat kita ikhlas dalam mengajar,_* membimbing dan mendidik murid, ikhlas dalam menasehati,
๐ฟ *_disiplin ketika mengajar_*, dalam kehadiran, menyiapkan dan melaksanakan pembelajaran
๐ฟ *_berakhlak baik kepada murid,_*
๐ฟ *_mendoakan mereka di setiap selesai sholat_* kita atau bahkan...mendoakan mereka di sepertiga malam-malam kita.
Insyaa Allah Ilmu dan nasehat-nasehat yang kita berikan terpancar murni dari relung jiwa.
Maka para murid akan lebih mudah menerima ilmu dan nasehat-nasehat kita. *Karena yang berasal dari jiwa, akan diterima oleh jiwa. Yang bersumber dari hati, akan diterima oleh hati.*
Pembelajaran kita di kelas akan penuh makna, para murid akan selalu mengenang kita sebagai guru yang luar biasa dan pahala yang besar telah menanti kita di akhirat nanti.
InsyaAllah.
_Kita semua adalah guru._
*_Paling tidak sebagai guru untuk anak dan isteri atau suami kita._*
[20/2 04.48] โช+62 852-4093-6469โฌ: 7 Wasiat Untuk Para Pendidik
๐ ูุตุงูุง ููู ุนูู ูู ๐
ูุง ุชุฃุฎุฐ ุฅุฌุงุฒุฉ ู ุฑุถูุฉ ูุฃูุช ุบูุฑ ู ุฑูุถ ูุชุฌู ุน ุจูู ู ุนุตูุชูู: ุงููุฐุจ ูุฃูู ุงูู ุงู ุงูุญุฑุงู ููุงููู ุฅู ุงูุฎุตู ู ุน ุชููู ุงููู ูุฎุดูุชู ุฎูุฑ ูู ูุฃุจููโ
1. Janganlah engkau ambil cuti sakit padahal sebenarnya engkau tidak sakit, sehingga engkau menggabungkan 2 maksiat; Dusta dan Memakan harta haram. Demi Allah, berkurangnya gajimu dengan ketakwaan dan takut kepada Allah lebih baik bagimu dan lebih kekal.
ูุตุงูุง_ ููู ุนูู ูู
ุงุธูุฑ ุงุญุชุฑุงู ู ูู ู ูู ุจูู ูุฏูู ุจุจูุงู ูุถููู ูุทูุงุจ ููุนูู ููุฐุง ุณูุฎุชุตุฑ ุงูู ุณุงูุฉ ูู ูููุตูู ุฅูู ูููุจูู โ
2. Tampakkanlah penghormatanmu kepada orang yang di hadapanmu dengan menjelaskan keutamaannya seperti siswa/siswi/santri. Hal ini bisa mendekatkan jarak untuk sampai ke hati mereka.
ูุตุงูุง_ ููู ุนูู ูู
ูู ุงูู ูุงุฏ ุงูุฏุฑุงุณูุฉ ููู ูู ุฑุจุทูุง ุจุชุนุงููู ุฏูููุง .. ููุท ุนููู ุงูุจุญุซ ุนู ุงููุณููุฉ ุงูู ูุงุณุจุฉโ
3. Setiap mata pelajaran bisa dikaitkan dengan norma-norma agama kita (Islam). Hanya butuh mencari sarana yang pas.
ูุตุงูุง_ ููู ุนูู ูู
ุฃู ุฏูููุฉ ุชุชุฃุฎุฑ ูููุง ุนู ุงูุญุตุฉ ุฃูุชุฎุฑุฌ ูููุง ูุจู ููุงูุฉ ุงูููุชุ ูู ุฏูููุฉ ุชุฐูุจ ูู ุงููููุฉ ูุงููุทูุฑ ูู ุญู ุงูุทุงูุจ ุณูุฃุฎุฐูุง ููู ุงูุญุณุงุจโ
4. Setiap menit keterlambatanmu pada jam pelajaranmu dan keluarmu sebelum selesai jam pelajaran. Setiap menit engkau gunakan untuk "ngopi" atau sarapan, ia adalah hak siswa yang akan ia ambil (minta pertanggung-jawabannya) pada hari kiamat kelak.
ูุตุงูุง_ ููู ุนูู ูู
ูู ู ู ู ุนูู ูุงู ุณุจุจุงู ูู ุชุตุญูุญ ุชูุฌู ูุซูุฑ ู ู ุงูุดุจุงุจุ ููุงู ุจุฐูู ุฏุนูุงุช ุตุงุฏูุฉ ูุญุณูุงุช ุฌุงุฑูุฉุ
ุงูููู ุงุฑุฒููุง ุงูุชููููโ
5. Betapa banyak pendidik yang menjadi sebab dalam meluruskan arah kehidupan banyak pemuda, sehingga ia pun mendapatkan doa-doa tulus dan kebajikan yang terus mengalir.
ูุตุงูุง _ ููู ุนูู ูู
ุงูุทุงูุจ ูุชุนูู ู ู ู ุนูู ู ุงููุซูุฑ ุงููุซูุฑ ุบูุฑ ุงูู ูุฑุฑ ุงูุฏุฑุงุณู ููู ูุฌูู ุฐููุ ุบูุงุจ ุงูู ุนูู ุนู ุงูุญุตุฉ ุฏูู ุฃู ูุนุฑู ุท๏ปปุจู ุงูุณุจุจ ุฏุฑุณ ููู ุ
ูููุฏููู ุญูู ูุฌูุณูู ู ุฌูุณู.
6. Siswa belajar banyak hal dan dari gurunya selain pelajaran sekolah tanpa ia menyadarinya. Ketidak hadiran guru dalam kelas tanpa ada sebab adalah pelajaran bagi mereka.
ูุตุงูุง_ ููู ุนูู ูู
ุจูู ูุฏููู ุฌููุ ุจูุซ ูู ุฑูุญู ุงูุตุญูุฉุ ุญุจุจ ุฅููู ุงูุนูู ูุฃููุธ ููู ุงููุฎูุฉุ ูุนู ููู ุฉ ู ูู ุชูุดุนู ูู ููุจู ุงูููู ูุฉุ ููููู ุตูุงุญุงู ููุฃู ุฉโ
7. Di hadapanmu adalah generasi pelanjut estafet perjuangan, maka tanamkanlah dalam ruhnya semangat kebangkitan. Jadikan ia cinta dengan ilmu. Bangunkan semangatnya. Boleh jadi satu kata darimu bisa mengobarkan tekad dalam dadanya, sehingga ia menjadi kebaikan untuk ummat.
0 comments